TUGAS MODUL 1.2

JURNAL REFLEKSI  DWI MINGGUAN

Salam dan Bahagia

Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Allah Tritunggal Yang Kudus,karena atas Kasih-Nya saya telah menyelesaikan  Jurnal Refleksi Dwi Mingguan dengan baik.

Pada kesempatan ini saya menuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan menggunakan model 1: 4F(Facts, Feelings, Findings, Future). 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yaitu Peristiwa,Perasaan, Pembelajaran,Penerapan .

Jurnal refleksi  Rangkaian Kegiatan Calon Guru Penggerak  yang telah saya ikuti  terutama pada modul 1.2 tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak

Facts (Peristiwa)

Modul 1.2 dimulai sesuai jadwal yaitu pada hari Senin,tanggal 01 April 2024.Kami didampingi oleh ibu Fasilitator : Uki Fergialita,S.Pd,Gr.

Pada modul 1.2 saya banyak mendapat pengetahuan baru.

Dalam modul 1.2.a.3 saya belajar tentang Trapesium Usia,saya menceritakan tentang masa lalu saya kepada teman kelompok CGP A-10,meliputi pengalaman positif( menyenangkan) dan pengalaman negatif(menyedihkan) saat usia sekolah.

Dalam modul 1.2.a.4 mulai dari cara kerja otak,tahap tumbuh kembang anak.profil pelajar pancasila,nilai dan peran guru penggerak dan bagaimana manusia tergerak,bergerak dan menggerakkan)

Peristiwa penting dan menantang bagi saya setelah mempelajari modul 1.2 adalah saya menyadari dan mengetahui bahwa ternyata guru haruslah menjadi sosok yang mampu menciptakan suasana merdeka belajar,menciptakan profil pelajar pancasila dengan menandai dan menerapkan nilai-nilai dan perannya sebagai pribadi yang memahami perannya sebagai guru penggerak.

Feelings (Perasaan)

Sejak memulai Pendidikan Guru Penggerak yang saya rasakan adalah takut,dan merasa terbeban,namun saat mempelajari modul 1.2 lenyaplah rasa takut dan rasa terbeban berubah menjadi kekuatan nilai yang mengantarkan saya untuk menjadi pemberani,terus maju dan belajar sebanyak-banyaknya baik dari modul maupun dari Fasilitator,Instruktur dan Pengajar Praktik. Hal ini membuat saya semakin bersemangat untuk mempelajari nilai dan peran guru penggerak.Dengan bangga saya akan menyelesaikan dan mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak sampai selesai.

Findings (Pembelajaran)

Pembelajaran dari modul 1.2  saya mendapat gambaran mengenai nilai dan peran guru penggerak. Segenap nilai dan peran guru penggerak merupakan sebuah kesatuan dalam membantu mewujudkan pendidikan sesuai filosofi Ki Hajar Dewantara.Guru sebagai fasilitator yang bertugas memenuhi kebutuhan murid,menumbuhkan karakter murid,serta sebagai penuntun yang mengantarkan anak untuk belajar memenuhi kebutuhannya sesuai dengan  kodrat alam dan kodrat zaman.

Future (Penerapan)

Saya akan terus belajar dan berkomitmen untuk menerapkan dan mengembangkan nilai dan peran sebagai guru penggerak di sekolah tempat saya mengajar. Menjadi agen perubahan yang dimulai dari diri sendiri, rekan guru,berkolaborasi demi peningkatan kualitas pembelajaran.Saya akan menerapkan nilai-nilai guru penggerak dan menumbuhkan karakter murid sesuai profil pancasila.

Sekian dan Terima Kasih

Di tulis oleh Yeri Selfin Pandy,S.Pd.K,Gr

Calon Guru Penggerak Angkatan 10

Asal Sekolah UPTD SD Inpres Tarus 1 Kabupaten Kupang 

Comments

Popular posts from this blog