JURNAL REFLEKSI DWI MINGGUAN

MODUL 1.3 VISI GURU PENGGERAK

 

Salam dan Bahagia

Saya bersyukur kepada Allah Tritunggal Yang Kudus,karena atas Kasih-Nya saya telah menyelesaikan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan modul 1.3 dengan baik.

Pada kesempatan ini saya menuliskan Jurnal Refleksi Dwi Mingguan menggunakan model 1:4F(Facts,Feelings,Findings,Future). 4F merupakan model refleksi yang dikembangkan oleh Dr.Roger Greenaway. 4F dapat diterjemahkan menjadi 4P yaitu Peristiwa,Perasaan, Pembelajaran,Penerapan .

Jurnal refleksi Rangkaian Kegiatan Calon Guru Penggerak  yang telah saya ikuti terutama pada modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak.

FACTS (Peristiwa) 

Pada modul 1.3 saya mempelajari materi tentang Visi Guru Penggerak yang diawali dengan pembelajaran secara mandiri yaitu  1.3.a.3 Mulai Dari Diri dan 1.3.a.4 Eksplorasi Konsep.Pada modul ini saya diarahkan oleh Fasilitator Uki Fergialita,S.Pd,M,Pd,Gr dengan mengirimi surat cintayang berisi instruksi tugas pada hari Kamis tanggal 25 April 2024. Saya memimpikan murid di masa depan yang mempunyai nilai Profil Pelajar Pancasila sesuai dengan Filosofi Pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Setelah menyelesaikan pembelajaran dengan moda mandiri dilanjutkan dengan 1.3.a.5 yaitu Ruang Kolaborasi yang dilaksanakan secara tatap maya bersama Ibu Fasilitator untuk membahas materi“Pernyataan Prakarsa Perubahan dan Tahapan BAGJA.Selanjutnya kami berdiskusi kelompok. Pembagian diskusi kelompok berdasarkan Pengajar Praktik. Pengajar Praktik saya adalah Yandry Fitria Taebenu,S.Pd,Gr, Saya bersama teman CGP yang Pengajar Praktiknya ibu Yandry berada di kelompok 2.

Bersama dengan teman kelompok kami berdiskusi,memaparkan visi kami masing-masing. Kemudian kami merusmuskan dan menemukan kalimat Prakarsa Perubahan,maka kami mulai menyusun tahapan pelaksanaannya menggunakan instrumen BAGJA yaitu Buat Pertanyaan Utama,Ambil Pelajaran,Gali Mimpi,Jabarkan Rencana dan Atur  Eksekusi. Pada pertemuan Ruang Kolaborasi berikutnya setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara bergilir. Kami mendapatkan kritik,saran,dan masukan dari teman CGP dan juga dari Fasilitator.

Kemudian saya mengikuti Lokakarya 1 pada hari Sabtu tanggal 04 Mei 2024 bertempat di UPTD SD INPRES TARUS 1,dengan tema Komunitas Praktisi. Dalam Lokakarya 1 kami berbaur dengan CGP A-10 Kabupaten Kupang didamping 3 Pengajar Praktik yang hebat dan luar biasa Ibu Yandri,Pak Budi dan Pak Ardian.Kami memulai kegiatan dengan doa dan membuat kesepakatan kelas,dan refleksi. Saya berada di kelompok yang membahas tentang Kompetensi Guru Penggerak)

Selanjutnya kami berdiskusi tentang Komunitas Praktisi,Mengidentifikasi Komunitas Praktisi, Menganalisa Pemetaan Komunitas Praktisi.

Setelah penugasan 1.3.a.6 Demonstrasi Kontekstual saya akan mengikuti Elaborasi Pemahaman bersama dengan instruktur pak Simon Rafael sebagai penguatan modul 1.3. Kemudian saya akan menyelesaikan modul 1.3(Koneksi Antar Materi,Aksi Nyata dan Penilaian Kerja).Mudah-mudahan saya diberi kesehatan dan hikmat dari Tuhan selama saya berproses. 

FEELINGS (Perasaan)

Perasaan saya selama mempelajari modul 1.3 tentang Visi Guru Penggerak ini adalah senang dan semakin termotivasi dalam mengikuti Program Pendidikan Guru Penggerak. Aktivitas Pembelajaran  Mulai Dari Diri sampai Penilaian Kerja sangat bermanfaat buat saya sebagia guru.

Terima kasih ibu Uki,dan ibu Yandri yang sudah mendampingi saya dalam berproses sebagai CGP A-10 Kabupaten Kupang sampai titik ini. 

FINDINGS (Pembelajaran)

Dalam mnenyusun sebuah visi yang akan memberikan perubahan positif harus berlandaskan paradigma Inkuiri.Setelah menyusun kalimat-kalimat pernyataan prakarsa perubahan yang dilanjutkan dengan menyusun tahapan pelaksanaan menggunakan instrumen tahapan BAGJA.

Melalui modul ini saya belajar paradigma Inkuiri dalam melakukan dan meningkatkan perubahan positif disebuah komunitas/satuan pendidikan.

FUTURE (Penerapan)

Setelah mempelajari modul 1.3 maka saya akan berusaha menerapkan dan mewujudkan visi Guru Penggerak dan Visi pribadi saya di tempat saya mengajar. Menjadi agen perubahan yang dimulai dari diri sendiri, rekan guru,berkolaborasi demi peningkatan kualitas pembelajaran murid sesuai Profil Pelajar  Pancasila.

Sekian dan Terima Kasih

Di tulis oleh Yeri Selfin Pandy,S.Pd.K,Gr

Calon Guru Penggerak Angkatan 10

Asal Sekolah UPTD SD Inpres Tarus 1,Kabupaten Kupang

 

 

Comments

Popular posts from this blog